Tulisan tahun lalu. . .

Jika Anda mengetikkan nama "Rahadhian Faris Muttaqin" di google, mungkin yang akan muncul adalah website Bapak Anindya Bakrie.

Anda tahu kenapa??

Berawal dari April tahun lalu, saat Beliau menyelenggarakan Kontes Update Status dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei. Saya berfikir sejenak, mencari inspirasi, kemudian menuangkan pikiran saya dalam bentuk status yang panjang karakternya tidak boleh melebihi 420 karakter. Kelihatannya memang mudah. Apa susahnya sih update status?? Susah-susah gampang sebenarnya. Letak kesulitannya ada di bagaimana Anda menyampaikan ide/pendapat Ana yang mungkin kompleks dan perlu dijelaskan secara detail kedalam suatu paragraf singkat yang disebut status facebook.

Dan kurang lebih inilah hasil pemikiran saya saat itu:

“Taukah Anda pendidikan yg ideal?

Bukan pendidikan “KUTU BUKU” yang mengharuskan mahasiswa menjawab persis sperti yg trtulis di buku. . .

Bukan pendidikan “OTORITER” dimana setiap titah dan tindakan dosen selalu benar. . .

Bukan pendidikan “ROBOT” dimana siswa diharuskan mengikuti dan menaati setiap titah ’sang dewa’. . .

Pendidikan yg ideal haruslah didasarkan pada kebebasan, minat dan kesukaan siswa sehingga daya imajinasi dan kreatifitas akan terbuka lebar hingga akhirnya akan memunculkan ide-ide briliant nantinya, dibatasi nilai-nilai moral dan agama tentunya…”


Dan syukur alhamdulillah, tulisan tersebut menjadi satu dari 3 yang beruntung diantara 400 status lain yang mengikuti kontes ini. Awalnya saya tidak menyangka karena status saya tersebut "sepi". Tidak ada komen, dan hanya satu orang yang memberikan "like".


Namun saat saya dalam perjalanan dari Bogor ke Jakarta, saya dikejutkan oleh sms dari kakak tingkat saya. "Selamat ya Ris...-dan seterusnya-" Dan saya pun langsung ke warnet untuk mengeceknya. Alhamdulillah, saya bisa membuat ayah dan ibu saya sedikit bangga. Saya sangat terharu saat itu...


Ini bukan masalah hadiah. Ini adalah tentang sebuah ide, pemikiran, kontribusi kecil dan bagaimana seorang anak mencoba membuat orang tuanya bangga...


Aaaah. . .Kenangan yang manis...

(kiri-kanan) Rahadhian Faris Muttaqin, Rini Susilowati dan Muhammad Fairuz pemenang Kontes status update di fan-page Facebook http://www.facebook.com/pages/Anindya-Bakrie/ tentang Hardiknas di Jakarta, Jumat (7/5/10).

Seperti yang termuat di situs Bapak Anindya Bakrie http://aninbakrie.com/?p=855

Senang bisa membuat ayah dan ibu bangga...
:))

SHARE THIS POST:
Lintasberita FB Share Twitter Share

0 comments: